Wednesday, May 30, 2012

I must become Better


Pernahkah kita ngrasa kalo diri kita itu rendah? Pernahkah kita ngrasa kalo kita itu orang biasa-biasa aja? Kalo kita itu tidak seperti orang-orang besar diluar sana. Kalo kita itu tidak mungkin bisa jadi seperti mereka?

Well, aku dulu ngrasa gitu. Aku ngrasa kalo aku itu orang biasa-biasa aja. Aku ngrasa kalo orang-orang luar biasa itu udah terlatih sejak masa kecil. Aku ngrasa kalo sekarang udah telat untuk berubah dan menjadi orang luar biasa. Menjalani kehidupan yang biasa itu seakan-akan jadi tujuan hidup. Bersenang-senang di masa muda, bekerja untuk keluarga di masa dewasa, trus bertobat di masa tua.

Tapi, suatu hari, ketika aku surfing surfing di internet dan menemukan suatu forum, aku dihadapi dengan kenyataan. Islam di mata internasional itu dipandang sangat negatif. Islam dianggap sebagai agama yang barbar dan keras kepala. Banyak orang menganggap banyaknya mualaf di eropa sebagai sesuatu yang buruk. Di forum tersebut, mayoritas pembenci islam hanya melihat sisi negatif islam itu sendiri. Sebenarnya orang non muslim juga banyak yang melakukan hal yang sama, bahkan teroris-teroris juga banyak yang hanya berkedok islam dengan tujuan menjelek-jelekan islam, namun mereka tidak mau tau.

Jika dipikir-pikir, paradigma tersebut juga salah umat islam itu sendiri. Bagaimana mungkin islam dapat dihormati jika penganutnya sendiri tidak mencerminkan pribadi yang ideal. Bayangkan jika mayoritas umat islam itu orang luar biasa. Pasti islam dapat bangkit melawan media yang hanya menyorot sisi negatif islam. Jika Islam memang agama terbaik, maka penganutnya juga harus bisa menjadi orang-orang terbaik.

Sekarang, apa kontribusiku untuk islam? Tidak ada. Aku belum ngerasa udah ngelakuin kontribusi yang berarti. Kalo dikatakan, aku masih termasuk orang yang membawa pandangan negatif terhadap nama "Islam". Karena itu, tidak ada pilihan menjadi orang biasa bagiku. Tidak ada pilihan lain. Aku harus bisa menjadi lebih baik. Aku harus bisa berubah. Aku harus bisa menjadi seseorang yang luar biasa untuk mengagungkan nama Islam.
"Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu." [QS 47:7]
Pilihan tersebut memang tidak mudah. Namun yakinlah bahwa perjuangan ini adalah bagian dari jihad. InshaAllah jika niat kita tulus karena Allah, maka Allah akan memudahkan jalan tersebut .

No comments:

Post a Comment